Ad

Memo Timur Lumajang
Friday 14 November 2014

Stock Darah Di PMI Lumajang Masih Aman

Posted by on Friday 14 November 2014

Lumajang, Memo
Mengatasi minimnya stock darah, Unit Donor Darah (UDD) cabang PMI Lumajang terus melakukan giat aksi donor darah di setiap wilayah yang ada di Kabupaten Lumajang. Bahkan untuk mencukupi stock darah tersebut, PMI rela mencari pendonor hingga keluar kota atau di kabupaten lain.
Hal tersebut merupakan langkah preventif terhadap bertambahnya jumlah rumah sakit baru yang di prediksikan akan menambah jumlah kebutuhan darah di Lumajang. Seiring dengan banyaknya rumah sakit baru yang ada di Kabupten Lumajang, maka kebutuhan akan darah terus bertambah.
Demikian yang disampaikan  Supriyono ,Bagian Pelayanan UDD PMI Cabang Lumajang ketika di konfirmasi Memo di ruang kerjanya Rabu (12/11) siang kemarin. Supriyono  menjelaskan, bahwa sampai saat ini stok darah masih tetap aman. “Hingga hari ini, stock darah yang kami miliki masih aman,” jelasnya.
Ia menambahkan, target darah dalam setiap bulannya sekitar 1000 kantong. Dalam setiap  kantongnya,  berisikan sekira 350 cc darah. Selanjutnya, kantung-kantung darah tersebut siap di salurkan ke sejumlah rumah sakit baik swasta maupun negeri yang membutuhkannya.
Supriyono juga menerangkan, bahwa status UDD PMI cabang saat ini sudah mulai meningkat sejalan dengan bertambahnya fasilitas operasional seperti mobil , bus dan peralatan lainnya. Sehingga, sampai saat ini tidak ada kendala yang sangat signifikan terkait dengan terhambatnya untuk memenuhi jumlah target stock darah dalam setiap bulannnya.
“Dengan fasilitas yang kami miliki sekarang ini, lebih kepada kesadaran masyarakat saja dan kita terus melakukan sosialisasi ,” ujarnya. Saat ini hampir semua lini mulai dari instansi pendidikan seperti SMA , pondok pondok pesantrn (Ponpes) serta instansi perkantoran juga terus di giatkan untuk sadar akan donor darah.
Kami hanya menyadarkan kepada masyarakat dengan selalu bersodaqoh darah serta  kesehatan karena rutinitas donor darah. Untuk mencukupi target darah yang satu bulannya 1000 kantung, pihaknya selalu melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang dalam satu harinya bisa sampai 3 kali. Sehinggadalam seharinya, bisa mendapatkan 30 hingga 50 kantung darah yang didapat dari para pendonor.
Dulu jelas Supriyono,  untuk mencari pendonor pihaknya harus pergi ke luar kota. Artinya, untuk memenuhi target darah yang ada di PMI Lumajang, pihaknya harus rela mencari hingga ke kota lain. “Beruntung, sekarang banyak masyarakat yang mulai sadar tentang donor darah. Sehingga kami tidak perlu lagi mencari ke luar kota,” pungkasnya. (tri)

comments

0 Komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Muachrus All Rights Reserved.
back to top