Ad

Memo Timur Lumajang
Tuesday 18 November 2014

Dinkes Ajak Jumantik Basmi Nyamuk

Posted by on Tuesday 18 November 2014



Lumajang, Memo
Bagaimanapun, turunnya hujan merupakan berkah tersendiri bagi para petani. Namun demikian,  datangnya musim penghujan juga harus diimbangi dengan peningkatan kewaspadaan terhadap beberapa penyakit yang datangnya bersama dengan pergantian musim.
Salah satu yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah, Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk ini, biasanya tumbuh subur seiring dengan munculnya genangan air akibat hujan. Untuk itu, peran masyarakat dalam hal membasmi perindukan nyamuk sangat diharapkan.
Demikian yang disampikan oleh PLh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabuapten Lumajang, Dr. Bayu kepada sejumlah wartawan Senin (17/11), siang kemarin. Menurutnya, berdasarkan data yang baru jumlah masyarakat yang terkena DBD pada awal musim hujan tahun ini menurun.
Berdasarkan data yang ada, untuk sementara baru ada 90 penderita yang positif DBD. Kondisi tersebut, tentunya sangat berbeda jika dibandingkan tahun lalu pada bulan yang sama. “Jika dibandingkan pada tahun lalutu jumlah penderita mencapai 150 orang,” jelasnya.
Namun kata dia, turunnya jumlah penderita DBD sama sekali tidak mengurangi kewaspadaan Dinas Kesehatan dalam memerangi penyakit tersebut di Kabupaten Lumajang. “Kita harus terus waspada karena ini masih awal musim penghujan” ujarnya.
Salah satu cara yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dalam antisipasi DBD pada musim penghujan tahun ini adalah, dengan siskamling DBD. Program yang telah di launching pada tahun lalu ini dinilai sangat efektif dalam memerangi nyamuk penyebar virus.
Dimasyarakat program ini dilaksanakan minimal 1 kali dalam seminggu. Dimana para Kader Juru pemantau jentik (Jumantik) dan masyarakat secara bersama-sama memeriksa perindukan nyamuk terutama pada air yang menggenang. “Mari kita bersama-sama dengan kader jumantik  untuk membasmi perindukan nyamuk,” pungkasnya. (tri)

comments

0 Komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Muachrus All Rights Reserved.
back to top