Ad

Memo Timur Lumajang
Monday 17 November 2014

Tingkatkan Hasil Pertanian dan UKM, Komisi B Berguru ke Sumedang

Posted by on Monday 17 November 2014



Lumajang, Memo
Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang memiki potensi alam yang subur serta panorama alam yang indah. Untuk itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam hal pengelolanya. Langkah yang dilakukan oleh Komsi B DPRD Kabupaten Lumajang adalah, melakukan study banding ke Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Diketahui, lewat hasil pertanian unggulan yaitu ubi Cilembu, Kabupaten Sumedang berhasil memasarkannya hasil bumi tersebut ke seluruh penjuruh Nusantara. Selain itu, pemerintah setempat telah mematenkan hasil pertanian itu sebagai produk pertanian khas asli Kabupaten Sumedang
Hal itu, juga sebagai bentuk antisipasi agar pruduk-produk hasil pertanian yang ada di Kabupaten Sumedang tidak di klaim oleh kabupaten lain. Tidak itu saja, melalui produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Sumedang juga berhasil memasarkan produk senapan angin hingga ke luar negeri termasuk Austarlia.
“Selain tahu, Sumedang juga terkenal dengan industri senapan anginnya,” jelas Sholikin selaku Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Lumajang kepada Memo Sabtu (15/11) siang kemarin. Menurutnya, seluruh anggota DPRD Kabupaten Lumajang pada Kamis (13/11) berangkat bersama-sama untuk melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Bandung Jawa Barat.
Setiba di sana, dari 4 komisi yang ada di DPRD Kabupaten Lumajang dibagi menjadi  2 kelompok yang selanjutnya melakukan study banding di masing-masing bidang. “Kebetulan kami dari komisi B dan C dalam satu tim,” terang Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan itu.
Lebih lanjut Shlolikin menjelaskan, jika sudah sepatutnya Pemerintah Kabupaten Lumajang meniru tentang keberhasilan Kabupaten Sumedang dalam hal pengelolaan hasil pertanian dan UKM. Diketahui, Kabupaten Sumedang memiliki 6000 lebih anggota UKM yang menyebar di seluruh kecamatan dengan beragam usahanya.
“Maka tidak ada salahnya jika Kabupaten Lumajang meniru keberhasilan Kabupaten Sumedang dalam hal pengelolaanya,” katanya. Sebetulnya lanjut Shlolikin, Lumajang memilki hasil pertanian yang patut dibanggakan dan perlu dipatenkan agar tidak di klaim oleh kabupaten lain. Diantaranya, produk pertanian berupa pisang mas dan salak pondo.
Untuk itu, pihaknya akan mengajak eksekutif untuk duduk bersama membahas tentang hasil produk-produk pertanian serta meningkatkan produk UKM yang ada di Kaputen Lumajang. “Rencananya, kami akan duduk bersama dengan eksekutif dalam hal penanganan hasil pertanian dan UKM di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (tri)

comments

0 Komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Muachrus All Rights Reserved.
back to top