Ad

Memo Timur Lumajang
Monday 18 May 2015

Nurul Optimis Lumajang Raih Piala Adipura XII

Posted by on Monday 18 May 2015

Lumajang, Memo_Tim Adipura yang terdiri dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Timur dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sejak kemarin telah melakukan penilaian Adipura di beberapa Kabupaten maupun Kota se Jawa Timur termasuk Lumajang untuk penilaian tahap ke dua.
piala adipura

Biasanya, penilaian Piala Adipura itu dilakukan hingga dua kali. Penilaian Tahap Satu (PTS) sudah dilakukan oleh tim pada Bulan oktober 2014 kemarin, sedang Penilaian Tahap Dua (PTD) dilakukan tanggal 12 dan 13 Mei 2015 kemarin. “Pengumuman biasanya dilakukan pada 5 Juni  mendatang, bersamaan dengan Hari Lingkungan Hidup sekaligus diberikan penghargaan Kabupaten atau Kota Adipura,” papar Kepala DLH Kabupaten Lumajang Ir. Nurul Huda.

Menurutnya, Tim Adipura ini akan melakukan penilaian bagaimana prilaku dan kesadaran masyarakat Lumajang terhadap pengelolahan sampah termasuk pemerintah. Dalam hal ini peran serta masyarakat cukup besar nilainya, mulai rumah tangga, perkantoran, pertokoan, sekolah, terminal, pasar hingga pertokoan sudah mempersiapkan tempat atau tong sampah.

Menurutnya, setiap pagi pasukan kuning  mengambil sampah-sampah itu untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Dan apabila di masing-masing lingkungan itu sudah selesai, maka sampah-sampah itu diangkut menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di wilayah Kecamatan Sumbersuko.

“Sampah daun dan sejenisnya dijadikan pupuk, sedang sampah plastik dan sejenisnya dimanfaatkan melalui proses Bank Sampah, terkadang ada yang dijual, juga ada yang dimanfaatkan untuk bahan kerajinan,” ungkapnya.

Penilaian kedua yang dilakukan oleh TIM Adipura terhadap kondisi ruang terbuka hijau, seperti kondisi taman kota, taman Alun-Alun dan kondisi penghijauan untuk tanaman tepi jalan. Penilaian ketiga terhadap kebersihan sungai dalam kota Lumajang apakah benar-benar bebas dari sampah.

Tenggak Alkohol 90%, Toni Tergeletak di Tengah Jalan

“Jika melihat kondisi Lumajang pada saat ini, mulai penanganan sampah, kondisi ruang terbuka hijau, kebersihan sungai, kami sangat optimis sekali apabila Kabupaten Lumajang akan meraih penghargaan piala Adipura pada 5 Juni 2015 mendatang untuk yang ke 12 kalinya,” pungkas Ir. Nurul Huda kepada Memo. (cho)

comments

0 Komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Muachrus All Rights Reserved.
back to top