Ad

Memo Timur Lumajang
Saturday 18 April 2015

Naskah Unas Salah, Naskah dengan CD Tidak Sama

Posted by on Saturday 18 April 2015

unasLumajang, Memo_Setelah dua hari Ujian Nasional (Unas) tingkat SMA berjalan dengan baik, memasuki hari ke-tiga tepatnya Rabu (15/4) 2015 naskah Unas mata pelajaran bahasa Inggris khusus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bermasalah. Betapa tidak, materi yang ada di dalam CD tidak sama dengan naskah soal yang disajikan pada peserta Unas.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lumajang Soetatik saat dikonfirmasi sejumlah media menjelaskan, awalnya peserta didik dan para pengawas tidak mengetahui adanya kesalahan soal naskah  Unas tidak sama dengan materi yang ada di CD. Karena pendistribusian naskah Unas tersebut tidak langsung ke sekolah ke sekolah-sekolah penyelenggara Unas.

Melainkan melalui rayon  dengan mendapat pengawalan ketat baik dari Dispendik maupun dari pihak kepolisian Polres Lumajang. “Kesalahan itu baru diketahui saat sejumlah peserta bingung karena materi dan soal itu tidak sama. Karena bingung peserta Unas komplain pada pengawas,” tutur Soetatik.

Setelah dicrosscek oleh pengawas dengan melibatkan sejumlah guru bahasa inggris, ternyata benar kalau materi yang ada di CD tidak sama dengan naskah soal Unas. Melihat kenyataan ini, pihaknya langsung menghubungi semua SMK baik yang negeri maupun yang swasta guna memastikan kesalahan itu.

Semua SMK se-Kabupaten Lumajang mengalami hal yang sama seperti di SMK Negeri 1 Lumajang ini. “Kami langsung menghubungi Dispendik Jawa Timur melalui petugas pendistribusian soal naskah Unas Pak Kayanto dan menyampaikan jika di Lumajang ada kesalahan soal naskah Unas tidak sama dengan materi yang ada di CD. Jawabnya, memang ada kesalahan di seluruh Jatim,” ungkapnya.

 Ngotot Baru Sekali Maling Sapi

Saat disinggung apakah kedepan ada ujian susulan khusus mata pelajaran bahasa inggris, Soetatik mengaku semua permasalahan pada Unas hari ketiga ini diserahkan sepenuhnya pada Dispendik Kabupaten Lumajang dan Dispendik Provinsi Jawa Timur.

”Misalkan kami disuruh untuk melaksanakan ujian susulan khusus mata pelajaran bahasa Inggris, tentu kami akan berkoordinasi dengan Dispendik Kabupaten Lumajang. Untuk sementara ini, ya kami diam menunggu perintah atasan selanjutnya. Ngomong Naskah Unas yang salah, saat ini masih dibungkus lagi oleh para guru untuk segera dikembalikan ke Dispendik Provinsi Jatim mas,” pungkasnya (cho)

comments

0 Komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Muachrus All Rights Reserved.
back to top