Ad

Memo Timur Lumajang
Saturday 2 May 2015

Waspada..!! Boraks dan Rhodamin

Posted by on Saturday 2 May 2015

Lumajang, Memo_Dihimbau bagi masyarakat Lumajang dan sekitarnya agar berhati-hati dan teliti  dalam membeli makanan dan jajanan yang dijual bebas seperti di sekolah-sekolah atau di pasar. Pasalnya, belakangan ini banyak ditemukan makanan dan jajanan mengandung Boraks dan Rhodamin yang keduanya merupakan senyawa kimia yang sangat membahayakan bagi kesehatan.
Makanan berbahaya

Kasubid Kemanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Santoso kepada sejumlah media saat berada di Ketahanan Pangan Pemkab Lumajang menjelaskan, Boraks adalah senyawa kimia yang bisa mengembang dan apabila dicampurkan pada makanan atau jajanan, akan teras kenyal. Sedang Rodhamin sebuah zat pewarna kain yang juga berfungsi sebagai campuran pembersih mulut, kosmetika serta campuran sabun.

Jika dua zat kimia itu dicamp[urkan pada makanan atau jajanan, tentunya sangat berdampak buruk pada kesehatan manusia disemua golongan.”Siapapun yang mengkonsumsi makanan yang mengandung Boiraks dan Rodhamin, dalam waktu sekian tahun kedepan akan terserang penyakit kangker, gagal ginjal serta jantung,”tutur Santoso

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Pemkab Lumajang Khairil Diani mengatakan pihaknya telah menerima hasil sampel dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dimana ada belasan makanan dan jajanan yang terbukti berbahaya. Dari 60 jenis makanan yang diambil sampel oleh BPOM di akhir tahun 2014 kemarin, baru 46 jenis makanan atau jajanan yang aman.

”14 jenis makanan yang lain tidak aman, karena terbukti mengandung Boraks dan Rodhamin. Dengan rincian 8 makanan mengandung Rodhamin sedang 6 makanan lagi mengandung Boraks. Kami kaget dan terkejut mendengarnya mas,”ungkap Khairil

Masih kata Khairil, untuk mengantisipasi makanan dan ajajanan yang mengandung Boraks dan Rodhamin tidak terus dikonsumsi bebas oleh masyarakat utamanya peserta didik di sekolah-sekolah se Kabupaten Lumajang, pihaknya segera akan berkoordinasi dengan sejumlah istansi terkait mulai dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan (Dinkes) serta sejumlah instansi  terkait lainnya dalam rangka pencegahan agar makanan atau jajanan yang mengandung Boraks dan Rodhamin tidak lagi dikonsmsi oleh masyarakat Lumajang Khususnya.

Pinjaman Fiktif KPRI Wira Bhakti Mulai Diusut

“Kami bersama sejumlah instsansi terkait akan segera melakukan pengecekan dan pencegahan secara maksimal, mulai dari kantin-kantin sekolah, pasar dan warung-warung milik warga tujuannya agar makanan atau jajanan yang dijualnya benar-benar tidak mengandung boraks dan Rodhamin,”pungkasnya (cho)

comments

0 Komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Muachrus All Rights Reserved.
back to top