Ad

Memo Timur Lumajang
Wednesday 12 November 2014

Peringati Hari Pahlawan, Kades Dorogowok Gelar Lari 5 Km

Posted by on Wednesday 12 November 2014



Lumajang, Memo
Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat dalam menyambut sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Kepala Desa (Kades), Dorogowok, Kecamatan Kunir, Kholil. Dalam peringatan hari pahlawan kemarin, ia menyelenggarakan lomba lari 5 kilo meter (KM) yang berhadiah jutan rupiah.
Senin (10/11) sore, sekira pukul 15.00 Wib. Start dilakukan di Dusun Paggunggempol, Desa Dorogowok dan finish di Klapaan, Desa Dorogowok. Dalam lomba lari sore itu, dibagi menjadi dua katagori yaitu  kelas umum dan tingkat SD. Untuk kelas umum, menempuh jarak 5 kilo meter. Sedangkan untuk kelas SD, hanya menempuh 2 Kilo meter.
Masing-masing kelas dibagi dua yaitu kelas putra dan putri yang diambil masing-masing 4 pemenang. Ada ratusan peserta yang ikut dalam lomba lari 5 kilo meter tersebut. Untuk kelas umum, diikuti oleh atlet dari luar desa dan luar kecamatan bahkan atlet dari KONI Lumajang. Sedangkan untuk tingkat anak-anak SD, hanya diperuntukan siswa sekolah dasar yang ada di Desa Dorogowok sendiri.
Kholil mengatakan, lomba lari yang diselenggarakan itu untuk menyambut hari pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Maka dari itu, ia menyelenggarakan lomba 5 kilo meter tersebut  tepat pada tanggal 10 November. “Karena tanggal sepuluh jatuh pada hari senin, maka saya gelar lomba ini pada hari senin,” jelas Kades.

Selain itu kata Kholil, lomba lari 5 kilo meter itu dimaksudkan untuk menggalang sekaligus mencari bibit atlet lari yang ada di Desa Dorogowok. Sebab  dirinya yakin, jika di di Desa Dorogowok sendiri banyak bibit-bibit atlet lari yang masih belum terekspos. “Dengan adanya lomba lari ini, saya ingin ada warga saya yang menjadi juara,” harapnya.
Dalam lomba lari itu, pihak panitia tidak memungut biaya  sepersenpun alias gratis. Sedangkan untuk hadia, dibagi menjadi dua katagori. Bagi peserta umum, merebutkan hadiah total Rp. 1 juta rupiah. Sedangkan bagi kelas anak-anak SD, disediakan hadiah total Rp. 700 ribu.” Setiap kelas kami ambil 4 pemenang dan masing-masing akan mendapatkan tropy,” terang kholil.
Dalam kesempatan itu ia berjanji, jika lomba lari itu akan digelar setiap tahun. Yang pasti jelas Kholil, hadia yang disediakan nilainya lebih besar dari sekarang. “Untuk tahun depan, Insyaaloh saya akan menggelar lomba lari dengan jarak lebih panjang dengan hadiah lebih besar lagi,” pungkasnya. (tri)

comments

0 Komentar:

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Muachrus All Rights Reserved.
back to top